A
Agen perjalanan: Individu
yang menjual jasa perjalanan, masalah tiket dan menyediakan jasa wisata lainnya
untuk jasa perjalanan untuk wisatawan duduk tingkat ritel.
Akreditasi adalah
proses kualifikasi, mendukung, dan "lisensi" entitas yang melakukan sertifikasi
usaha, produk, proses, atau jasa.
Analisis SWOT: Ringkasan
kekuatan perusahaan dan kelemahan, dan peluang lingkungan dan ancaman yang akan
paling mempengaruhinya.
Anggaran laporan laba rugi: Sebuah
anggaran yang melacak pendapatan dan beban. Juga disebut laporan laba rugi.
Anggaran neraca: Sebuah
anggaran yang mengukur jumlah aktiva dan kewajiban.
Asing Independen Perjalanan atau
Travel individu asing - FIT: Sebuah tur pra-bayar
internasional unescorted yang mencakup unsur-unsur beberapa travel seperti
akomodasi, sewa mobil dan wisata. Operator FIT mengkhususkan diri dalam
mempersiapkan dokumen sesuai atas permintaan agen perjalanan ritel. Fits
biasanya menerima voucher perjalanan untuk hadir untuk di tempat layanan
sebagai verifikasi pembayaran di muka.
Asosiasi Internasional Konvensi
& Pengunjung Biro (IACVB): Asosiasi Worldwide konvensi
dan biro pengunjung, yang berbasis di Washington,DC
B
Bebas bea impor: Jumlah Item
dan kategori yang ditetapkan oleh pemerintah yang merupakan biaya pajak atau
biaya tugas ketika dibawa ke negara itu.
Bed and breakfast (B & B): akomodasi
Bermalam biasanya di rumah pribadi atau rumah kos, sering dengan
sarapan gaya Amerika atau kontinental penuh termasuk dalam satu
tingkat.
B
Bell Kapten: Orang yang
bertanggung jawab atas bagasi di sebuah hotel.
Benchmarking: Proses
membandingkan kinerja dan proses dalam industri untuk menilai posisi relatif
terhadap salah satu standar satu set industri atau melawan mereka yang
"terbaik di kelasnya" (Synergy, 2000).
Biaya tetap: Biaya yang
tidak berubah dengan penjualan atau tingkat produksi.
Biaya variabel: Biaya yang
berubah dengan penjualan atau tingkat produksi.
Blok: Sejumlah
kamar, kursi, atau ruang milik di muka, biasanya dengan grosir, operator tur,
atau operator reseptif yang berniat untuk menjual mereka sebagai komponen dari
paket wisata.
BPA: Blanket
Perjanjian Pembelian. Ini adalah perjanjian dengan vendor yang memungkinkan pembeli
untuk melakukan pembelian jenis berulang selama periode waktu dengan tagihan
diringkas dikirim oleh vendor sebulan sekali.
Break-even harga: Harga
produk berdasarkan perkiraan dari titik impas dan biaya untuk mencapai titik
impas.
Break-even point (BEP): Titik di
mana pendapatan dan beban yang sama. Misalnya, BEP adalah jumlah produk (atau
kursi, kabin, tiket, dll) yang harus dijual untuk sebuah perusahaan untuk
mencapai titik impas. BEP dihitung sebagai biaya tetap dibagi dengan harga jual
dikurangi biaya variabel. Lihat jumlah yang wajar.
Budaya: Jumlah
total dari cara hidup oleh sekelompok manusia yang ditularkan dari satu
generasi ke generasi yang lain (perbani, 2000).
C
Chamber of commerce: Sebuah DMO
yang beroperasi di tingkat lokal dan terdiri dari bisnis yang tidak selalu
berhubungan dengan industri pariwisata.
D
Daftar tunggu: Sebuah
daftar klien menunggu transportasi atau akomodasi di saat-saat ketika mereka
tidak tersedia. Klien daftar tunggu yang dikukuhkan sebagai akibat dari pembatalan
berikutnya.
Deadheading: Membuat
perjalanan atau segmen dari perjalanan tanpa penumpang, seperti mengemudi
kosong.
Degradasi: Setiap
penurunan kualitas sumber daya alam atau budaya, atau kelangsungan hidup
ekosistem yang disebabkan secara langsung atau tidak langsung oleh manusia
(perbani, 2000).
Demografi: Populasi
tindakan, seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, ras pendidikan, / etnis,
agama, status perkawinan, ukuran rumah tangga, dan pekerjaan.
Deposit kebijakan: Sebuah
jumlah tertentu atau persentase dari total tagihan jatuh tempo pada tanggal
yang ditentukan sebelum kedatangan.
Deposit: Sebuah
uang muka yang diperlukan untuk memperoleh dan mengkonfirmasi ruang.
Dijadwalkan penerbangan: Air
penerbangan yang dijadwalkan publik dan dipromosikan oleh maskapai besar.
Dijadwalkan tour: Sebuah
tur yang diatur dalam jadwal rutin operator tur tentang keberangkatan tur dan
yang sering dijual kepada masyarakat umum. Juga disebut tur publik atau tour
ritel.
Dikawal tur kelompok: Sebuah
tur kelompok yang memiliki direktur tur yang bepergian dengan kelompok
sepanjang perjalanan untuk memberikan komentar wisata dan mengkoordinasikan
semua gerakan kelompok dan kegiatan.
Direksi: Sebuah dewan industri
Asosiasi Industri Perjalanan of America.
F
FAM (sosialisasi) tour: Perjalanan
gratis atau dikurangi-bunga yang ditawarkan untuk perjalanan profesional untuk
memperkenalkan mereka dengan apa tujuan, daya tarik, atau pemasok yang
ditawarkan.
FIT: Akronim
dengan makna ganda. RTM telah melihatnya digunakan untuk berarti sebagai
berikut:-Orang asing wisatawan-wisatawan Sering-Penuh individu pelancong
independen - Biasanya "Paket FIT" akan meliputi penginapan, makanan,
dan atraksi.
Fly / mengemudi tur: Sebuah
paket FIT yang selalu termasuk perjalanan udara dan penyewaan mobil dan
komponen lainnya kadang-kadang perjalanan.
Folio: Sebuah
catatan perincian biaya tamu dan kredit yang dipelihara di kantor depan sampai
keberangkatan. Juga disebut sebagai tagihan tamu atau pernyataan tamu.
Full house: Sebuah
hotel dengan semua kamar diduduki.
Fungsi kamar: Sebuah
ruangan khusus yang digunakan terutama untuk pihak swasta, perjamuan, dan
pertemuan. Juga disebut ruang perjamuan.
G
Gateway kota: Kota dengan
bandara internasional.
Gateway: Kota,
bandara, atau daerah dari mana penerbangan atau tour berangkat.
Generator Permintaan: Strategi
dan program yang dikembangkan oleh DMOS dan pemasok untuk menghasilkan
permintaan tujuan. Contoh termasuk festival, acara, wisata budaya, dan promosi
konsumen.
Geotourism (1998): Pariwisata
yang menopang atau meningkatkan karakter geografis tempat yang dikunjungi -
lingkungannya, budaya, estetika, warisan, dan kesejahteraan penduduknya
H
Harga berjenjang: Ketika
pemasok menawarkan harga yang berbeda untuk operator reseptif, operator tur,
dan pemimpin kelompok, sehingga masing-masing pihak dapat memperoleh keuntungan
dengan menandai harga pemasok sementara masih menawarkan harga yang wajar
kepada pelanggan.
Hari rate: Juga
disebut ruang hari. Sebuah tingkat penurunan yang diberikan untuk penggunaan
ruang tamu selama hunian, siang hari tidak semalam. Biasanya diberikan pada tur
ketika keberangkatan sangat larut malam dijadwalkan.
Hari tour: Sebuah tur
dikawal atau unescorted yang berlangsung kurang dari 24 jam dan biasanya
berangkat dan kembali pada hari yang sama. Lihat wisata keliling.
Hospitality: Sebuah
istilah umum yang digunakan dalam perjalanan & pariwisata menggambarkan
"industri perhotelan", mengacu pada ucapan umum, menyambut, pelayanan
makanan, dll
HSMAI: Hospitality
Penjualan dan Pemasaran Asosiasi Internasional
Informasi sekunder: Penelitian
data yang dikumpulkan oleh perusahaan lain atau orang dan biasanya untuk tujuan
yang berbeda dari tujuan penelitian dan tugas di tangan.
I
Inisiatif sukarela: Inisiatif
dalam industri pariwisata tidak diperlukan secara hukum atau mengikat.
Insentif tour: Sebuah
perjalanan yang ditawarkan sebagai hadiah, biasanya oleh perusahaan untuk
merangsang penjualan karyawan atau produktivitas.
Insentif Volume: Lihat
menimpa.
Interpretasi: bahan
cetak, signage, narasi, tur, dan apa pun yang "menafsirkan" situs
untuk pengunjung. Interpretasi membantu pelanggan "menafsirkan"
pengalaman dan menjelaskan mengapa produk tertentu yang berharga. Interpretasi
menambah nilai dan makna pengalaman. Teknik Interpretasi umum digunakan dalam
ekowisata termasuk komentar tentang dipandu, presentasi dan diskusi wisata,
pertunjukkan drama, pertunjukan musik, brosur, tanda-tanda, menampilkan, dan
presentasi audiovisual (perbani, 2000).
J
Jadwal: Perjalanan
jadwal yang disediakan oleh agen perjalanan untuk nya / pelanggannya. Sebuah
jadwal yang diusulkan atau awal mungkin agak kabur atau spesifik. Sebuah jadwal
akhir namun menyediakan semua detail (nomor penerbangan, waktu keberangkatan,
pemesanan nomor konfirmasi) dan menjelaskan kegiatan yang direncanakan.
0 comments:
Post a Comment